Jurnal
Super Agent Chatbot “3S” Sebagai Media Informasi Menggunakan Metoda Natural Language Processing(NLP)
XMLSTMIK Amik Riau memiliki portal pada website http://www.sar.ac.id difungsikan sebagai media
penyebaran informasi bagi sivitas akademika dan stakeholder. Rerata pengunjung setiap hari dalam 3
bulan terakhir adalah 150 kunjungan, namun terjadi peningkatan pada saat penerimaan mahasiswa di
setiap tahun akademik. Hal ini mengindikasikan terjadinya peningkatan minat masyarakat untuk
mengetahui informasi STMIK Amik Riau. Sayangnya, sampai saat ini pemanfaatan portal web site
masih satu arah, dari STMIK Amik Riau ke stakeholder dan masyarakat, tidak terjadi
sebaliknya.Permasalahan muncul ketika terjadi salah pemahaman tentang discount biaya kuliah,
jumlah SKS tiap program studi dan informasi khusu yang belum termuat di portal website Untuk
mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah sistem yang berinteraksi antara STMIK
Amik Riau dengan masyarakat dengan menggunakan chatbot. Penelitian ini bertujuan membuat
chatbot yang mampu berkomunikasi dengan pengunjung website. Chatbot yang telah dibuat diberi
nama STMIK Amik Riau Intelligence Virtual Information disingkat SILVI. Chatbot dibuat
berdasarkan Question Answering Systems (QAS), bekerja dengan algoritma kemiripan antara dua
teks. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang siap digunakan, diberi nama SILVI, mampu
berkomunikasi dengan pengunjung website. Chatbot mengoptimalkan komunikasi seolah tidak
menyadari, tetap menganggap lawan bicara adalah pegawai yang tepat dalam tugas pokok dan fungsi.
Detail Information
Item Type |
Jurnal
|
---|---|
Penulis | |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE : Kuantan Singingi., 2019 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Islam Kuantan Singingi
|
Doi |