Implementasi Neuro Fuzzy dalam Proses Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa

Detail Cantuman

Jurnal

Implementasi Neuro Fuzzy dalam Proses Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa

XML

Proses belajar mengajar merupakan kegiatan
interaksi yang dinamis ataupun peran aktif antara
dosen dan mahasiswa. Peran aktif keduanya sangat
berpengaruh terhadap tercapainya tujuan
pembelajaran yang diinginkan. Dosen menginginkan
mahasiswanya berhasil dan sukses, sementara
mahasiswa mengharapkan prestasi yang baik. Berhasil
tidaknya proses belajar mengajar, apabila mahasiswa
dapat menerima materi dengan baik dan mencapai
nilai prestasi yang memuaskan. Pada penelitian ini
penulis menerapkan konsep neuro fuzzy dalam
menganalisa prestasi mahasiswa dalam proses belajar
mengajar yang didasarkan pada faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi mahasiswa dengan variabel
input dan output sebagai parameternya. Variabel input
meliputi latar belakang keluarga, lingkungan belajar
di rumah, motivasi mahasiswa, kualitas dosen, dan
lingkungan kampus serta variabel output berupa hasil
akhir yang ingin dicapai. Arsitektur yang digunakan
pada neuro fuzzy ini adalah adaptive neuro fuzzy
inference sistems (ANFIS) yang terdiri atas beberapa
tahapan yaitu fuzzifikasi, pelatihan hybrid, dan
defuzzifikasi. Pengujian pada penelitian ini
menggunakan software Matlab 7.10 yang memberikan
hasil berupa nilai prestasi dari mahasiswa sebagai
acuan untuk meningkatkan prestasi.


Detail Information

Item Type
Jurnal
Penulis
Nurjayadi - Personal Name
Student ID
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit SATIN Sains dan Teknologi Informasi : Pekanbaru.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
STMIK Amik Riau
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail