Jurnal
Rancangan Aplikasi Metoda Membaca Suku Kata untuk Anak Usia Dini Berbasis Multimedia Interaktif pada PAUD Bintang Pelangi Pekanbaru
XMLPerkembangan aplikasi berbasis multimedia telah
banyak dilirik oleh pengembang pendidikan. Namun
multimedia belum bersentuhan dengan tingkat
pendidikan PAUD. Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang
pendidikan dasar. PAUD didirikan untuk menunjang
kemajuan dalam bidang pendidikan untuk tingkat anak
usia dini. Pada kurikulum PAUD telah diterapkan
metoda-metoda belajar bagi anak usia dini yang tidak
terlalu membebani terhadap pskilogis anak. Membaca
adalah salah satu kurikulum PAUD yang baru
dikembangkan bertujuan agar saat memasuki Sekolah
Dasar anak usia dini tidak canggung lagi melihat
huruf-huruf alphabet. Metoda-metoda mengajarkan
membaca pada anak usia dini saat ini sudah beragam.
Salah satu metoda belajar yang dapat digunakan oleh
PAUD adalah metoda belajar membaca dengan suku
kata. Metoda ini digunakan pada Sekolah PAUD
diseluruh Indonesia. Saat ini metoda pembelajaran
dengan membaca suku kata hanya menggunakan
sistem konvensional yaitu buku sebagai bahan ajar.
Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem penunjang metoda
membaca suku kata yaitu penerapan aplikasi
multimedia interaktif dalam belajar membaca. Selain
itu, pembuatan aplikasi multimedia interaktif harus
melingkupi penggabungan media gambar, suara, teks
dan animasi sehingga anak usia dini tidak cepat jenuh
menggunakan aplikasi belajar membaca tersebut. Dari
hasil pengujian terhadap Siswa PAUD Bintang Pelangi
Pekanbaru diperoleh bahwa aplikasi ini dapat
diterapkan sebagai perangkat alternatif oleh anak usia
dini dalam memahami materi belajar membaca.
Detail Information
Item Type |
Jurnal
|
---|---|
Penulis | |
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | SATIN Sains dan Teknologi Informasi : Pekanbaru., 2014 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
STMIK Amik Riau
|
Doi |